Chiffon Cake Keju





Semalam lihat-lihat bahan cake hanya punya terigu, telur , minyak goreng dan keju. Dibuat apa ya dengan bahan seadanya ini. Akhirnya dipilihlah Chiffon Keju.


Pada dasarnya pembuatan Chiffon adalah tahap pertama mengocok putih telur dan gula sampai kaku. Pengocokan hanya sampai timbul puncak-puncak tumpul (soft peak).


Tahap kedua adalah mencampur terigu, kuning telur dan bahan cair. Kemudian campur tahap pertama dan tahap kedua. Panggang dalam oven.


Loyang chiffon cake tidak perlu di olesi margarine karena akan mempersulit saat cake akan naik dan mengembang. Bila cake telah matang (ditest dengan tusuk gigi tidak ada bahan lengket) maka dinginkan dengan cara menaruh Loyang berisi cake pada botol sirup. Loyang berisi chiffon cake dalam keadaan terbalik.

Ini resep Chiffon Keju nya.


CHIFFON CAKE SUSU KEJU

Sumber : majalah Femina tahun jadul banget

Ditulis oleh : Ria Prasetyo


Bahan A

7 butir putih telur

200 gr gula pasir

Bahan B

200 gr tepung terigu (ayak dengan baking powder)

50 ml minyak sayur

200 ml susu cair

¼ sdt garam

1 sdt baking powder

Isian : 100 gr keju cheddar, potong dadu kurleb ½ cm

Cara membuat :

Panaskan oven.


1. Kocok putih telur sampai mengembang. Masukkan gula pasir sedikit demi sedikit. Kocok lagi sampai kaku dan soft peak (muncul bukit tumpul tapi putih telur masih mengkilap)


2. Taruh tepung terigu, lubangi tengahnya, masukkan kuning telur, minyak dan susu cair. Aduk searah mulai dari pinggir sambil tuangi susu demi sedikit hingga jadi adonan yang licin.


3. Tuangkan bertahap adonan putih telur kedalam adonan kuning telur sambil aduk searah hingga rata. Masukkan keju potongan.


4. Tuang adonan kedalam Loyang. Ratakan. Panggang

Chiffon Cake Keju di panggang di oven ku memerlukan waktu 60 menit dengan suhu kurleb 150 derajat. Oven jangan terlalu sering dibuka karena membuat panas oven tidak stabil.

Loyang Chiffon yang dipakai adalah yang berukuran 21 cm

0 komentar:

Posting Komentar