COTTON CAKE EKONOMIS




Begitu PR diumumkan ... COTTON CAKE !!!!!! .... kue udah dikenal, teori pengerjaan juga tau tapi belum tau masalah-masalah pembuatan apa aja. Kalo kue gak dibikin gak tau dunk masalahnya di mana.

Alhamdulillah bs setor PR walo hasil kurang memuaskan. PR dikerjakan sampai 3 kali dengan resep yang berbeda-beda namun hasil belum sreg ..... ini mah udah pasti yang bikin yang bermasalah ... hahahhahaha ....... pertama bikin pake resep SEDAP cotton cake gulung ... halah udah jadi adonan keriput-keriput dan amblas gak keruan ..... ini masalah di pengocokan putel yang ngasal gak tau ilmu ..... percobaan kedua dibuat amblas dan bantat total ...... salah di pencampuran pasta ....... bete dweeehh ... telor kan lg mahal ........ baca-baca temen-temen semangat jd ikut2an semangat ..... hehehhehe follower banget. Liat resep Sylvi Soediar cotton cake ekonomis aq bikin 1/2 resep aja dengan 4 kuning telur dan 4 putih telur ... demen dah gak ada yang kebuang ..... dapet 2 loyang ovel kecil ......... yaaahhh beginilah ... musti dicoba lg biar lebih wokeh krn permasalahan sudah terdetektesi .... huuuuuuuuu

Ini resepnya yaa ... semua bahan dibagi 2 dengan memakai 4 telor


COTTON CAKE EKONOMIS
Sumber Sylvie Soediar


Bahan A :
190 gr terigu protein sedang
25 gr tepung maizena
7 kuning telur

Bahan B :
100 gr minyak sayur ( Mbok-e Kemal pakek Happy Salad Oil )
112 gr butter
90 gr susu cair

Bahan C:
7 putih telur
150 gr gula ( untuk cake coklat or mocca, gunakan 170 gr gula )
1 sdt air jeruk lemon


Cara membuat :
Panaskan minyak sayur, butter, dan susu cair dalam wadah sampai hangat dan butter cair ( JANGAN SAMPAI MENDIDIH ). Sisihkan
Kocok lepas kuning telur di dalam baskom, masukkan terigu dan maizena sambil dituangi rebusan bahan B. Aduk sampai menjadi adonan yang kalis dan licin.Kocok putih telur, gula dan air jeruk lemon dengan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang dan kaku hampir hard peak ( JANGAN SAMPAI TERLALU KAKU dan KERING ).
Campurkan ¼ bagian kocokan putih telur ke dalam campuran A dan B ( sistem pancing ). Kemudian tambahkan kocokan putih telur secara bertahap sampai habis seluruhnya.
Tuang adonan di loyang 26x26x7 yang talah dioles margain dan dialasi kertas roti. Oven dengan direndam sedikit air ( au bain marie tapi airnya dikit ajah )
Oven selam 40 menit dengan suhu 170 derajat C.

Met mencoba yaaaa .......

Tips dari Sylvie Soediar empunya resep :

1. Pengocokan putih telur harus bener ... soft peak. (menurut ku masih mengkilap dan jika mixer diangkat ada ekor pendek kurleb 2 cm di ujung whiskernya dan di baskom).

2. Keluarkan cake hangat-hangat dari loyang sehingga cake tidak amblas dan keriput.

3. Cake akan menciut sekitar 1-2 cm

0 komentar:

Poskan Komentar