ROTI GAMBANG






Alhamdulillah rotinya udah jadi .... ROTI GAMBANG banyak ditemui didaerah Jakarta (Betawi). Diberi nama ROTI GAMBANG karena bentuknya seperti bilah-bilah GAMBANG yaitu alat musik wajib ada di kesenian GAMBANG KROMONG Betawi aka Jakarta. Kalo didaerah Semarang disebut KUE GANJAL REL ...... mungkin karena bentuknya seperti papan yang ada di rel kereta api. Sebenarnya ini bukan roti karena teksturnya tidak empuk seperti roti pada umumnya dan tidak ada pemakaian ragi namun diganti baking powder sebagai penggantinya .... roti ini telah ada sejak duluuu sekali ... terinspirasi dari roti Belanda ... tapi jangan harap bertemu roti ini di Belanda .... zaman dulu karena sulit mendapatkan gula pasir maka dimodif memakai gula merah. Roti ini tidak memerlukan mixer ..... zaman dulu gak ada mixer kannn .... (Sumber. Budi Sutomo - Pakar Kuliner).

Resep yang dipakai adalah Resep Riana Ambarsari.

Ini resepnya.

ROTI GAMBANG
original recipe by: Femina Online
Modified by Riana Ambarsari

Bahan:
250 g gula merah, sisir
175 ml air
375 g tepung terigu berprotein sedang
125 tepung roti cokelat
25 g susu bubuk
1/4 sdt garam
1 sdt soda kue
2 sdt baking powder
2 sdt kayu manis bubuk
1/4 sdt vanili bubuk
2 kuning telur ayam
50 s/d 100 g margarin, tergantung selera. Makin banyak margarinnya, makin empuk roti gambangnya. Sebagian orang lebih suka roti gambang yang agak liat, karena chewy dan enak dikunyah. Sebagian orang itu adalah gue. Padahal gue bukan sebagian. Gue adalah satu orang. (Original recipe: 200 gram) ----- > aq memakai 130 gr baker mix.
3 sdm air, untuk olesan
3 sdm biji wijen putih

Instruction:

1. Rebus gula merah bersama air hingga gula larut dan air mendidih. Angkat, dinginkan. Sisihkan.
2. Campur tepung terigu, tepung roti, susu bubuk, garam, soda kue, baking powder, kayu manis, vanili, dan kuning telur, aduk rata. Masukkan air gula, uleni hingga tercampur rata.
3. Masukkan margarin, uleni kembali hingga rata. Bulatkan adonan, tutup dengan plastik. Diamkan selama 30 menit di suhu ruang hingga adonan agak kering dan mudah dibentuk.
4. Buka plastik. Timbang adonan @ seberat 75 g, pipihkan, gulung memanjang, bentuk bulat lonjong. Atur adonan di atas loyang datar bersemir margarin, beri jarak di antaranya. Olesi permukaan roti dengan air, taburi wijen.
5. Panggang dalam oven panas bersuhu 150 derajat Celcius selama 30 menit hingga matang. Angkat. Sajikan.

Untuk 12-15 buah . ini tergantung besar kecilnya roti

Begitu resepnya. Cobain deh ..... bahan mudah didapat, tidak memakai mixer dan cara pembuatan mudah ..... namun rasanya enakkkkkk

0 komentar:

Poskan Komentar