Chiffon Cake Pandan




Sponge cake adalah jenis cake yang teksturnya lembut sekali dan ringan. Dalam membuat cake ini sebenarnya diperlukan 3 tahap yaitu mengocok putih telur sampai kaku, mengaduk kuning telor dengan bahan lain kemudian mencampur kedua adonan tersebut. Cake ini tidak memerlukan mentega/margarine. Menurut saya resep sponge cake ini tidak terlalu manis, rasa manisnya samar-samar. Sponge cake bisa dicampur dengan bahan-bahan seperti coklat, kelapa, nanas, pisang, labu kuning dan bahkan apel.

Foto diatas menggunakan resep Pandan Chiffon Cake. Resepnya seperti yang tertera dibawah ini. Huruf miring pada resep menandakan bahan yang dipakai oleh saya. Dalam percobaan resep ini saya tidak memakai cream of tartar. Fungsi cream of tartar adalah untuk menstabilkan kocokan putih telur tetap kaku tetapi jika tidak ada maka kocokan putih telur bisa disimpan direfrigerator kulkas untuk menjaga tetap kaku.

Resep Pandan Chiffon Cake oleh Ambarini
di salin oleh Ria Prasetyo


Bahan :

Bahan A

6 putih telur
1/2 sdt cream of tartar (bisa tidak memakai)
150 gr gula pasir halus

Bahan B

6 kuning telur
150 gr gula pasir halus
260 gr tepung terigu bergluten rendah (segitiga biru dari bogasari)
1 1/2 sdt baking powder ayak bersama terigu (pakai baking powder double action karena adanya itu)
120 cc minyak (minyak goreng Sania)
5 lembar daun pandan
10 lembar daun suji (blender daun pandan dan daun suji, peras airnya hingga 150 cc). Karena tidak memiliki daun pandan maka saya ganti dengan pasta pandan kurleb 1 sdt
125 cc air matang
1/4 sdt garam

Cara membuat

1. Panaskan oven hingga bersuhu 160 derajat celcius
2. Kocok putih telur dengan cream of tartar (optional) hingga berbusa, masukkan gula secara bertahap hingga habis, kocok terus hingga agak kaku, sisihkan. Masukkan kedalam lemari es.
3. Sementara itu kocok semua bahan B dengan kecepatan sedang hingga tercampur rata kurang lebih 5 menit. (saya hanya mengaduk searah menggunakan spatula sehingga adonan tercampur rata dan berbentuk seperti pasta)
4. Masukan adonan putih telur 1/3 bagian kedalam adonan B, aduk perlahan dengan spatula dengan arah yang searah hingga tercampur rata, masukkan kembali sisanya hingga habis.
5. Masukkan adonan kedalam loyang chiffon cake ukuran diameter bawah 18 cm diameter atas 23 cm
6. Panggang hingga matang kurang lebih 65-75 menit, bila ditekan sedikit permukaanya agak membal, pertandan chiffon cake sudah matang, angkat.
7. Balikkan loyang dan kalungkan pada leher botol hingga dingin. Keluarkan cake dengan mengikis pinggiran loyang samping dan bawah.


0 komentar:

Posting Komentar