Chiffon Cake Ketan Hitam




Cobain deh Chiffon Ketan Hitam yang merupakan salah satu cake yang menggunakan bahan dasar tepung ketan hitam. Pokoknya seneng deh bikin cake jenis chiffon ini, kuenya empuk, lembut dan wangi ketan hitam (lha iyalahh .... kan pake tepung ketan hitam geto). Kali ini coba chiffon yang terbuat dari Ketan Hitam. Selain empuk, si hitam manis ini juga enak.

Resep di ambil dari milik Mbak Fatmah Bahalwan yang ditulis dari blog nya mbak Camelia (makasih ya Mbak Fat dan Mbak Camelia) . Ini resepnya :

CHIFFON CAKE KETAN HITAM
by Fatmah Bahalwan

Bahan A:


160 gr kuning telur

75 gr gula kastor

1 sdt vanilli

Bahan B:


240 gr putih telur

125 gr gula kastor

1 sdt garam


Bahan C:


50 gr tepung terigu protein sedang

100 gr tepung ketan hitam

1 sdt Baking Powder Double Acting



Bahan D:


150 ml santan kental instant

3 sdm minyak sayur

Cara membuatnya:

  1. kocok bahan A hingga kental, sisihkan. Dengan mixer bersih lain, kocok bahan B hingga kaku (Tapi jangan sampai kering, cukup sampai mengkilap dan soft peak aja).
  2. Tuang adonan B kedalam adonan A secara bertahap sambil diaduk hingga rata.
  3. Ayak Bahan C, tuang kedalam adonan pertama, aduk rata. Tuangi bahan D, aduk balik hingga rata.
  4. Tuang adonan kedalam loyang Chiffon yang telah dialas kertas, oven dengan suhu 200’C selama 20 menit, lanjutkan dengan suhu 150’C selama 30 menit lagi hingga matang.
  5. Angkat, balik loyang diatas alas kue, biarkan dingin. Lepaskan dari loyang, potong-potong.


Sekali bikin pasti ketagihan deh..

0 komentar:

Poskan Komentar