Fruit Cake



Pengen bisa bikin fruit cake yang buah-buah nya nyebar di seluruh cake jadi gak terdampar didasar cake aja. Akhirnya coba resep Mbak Ria Heliyanti yang punya dapur hebat. Kuenya enak, gak terlalu manis dan buah buahnya banyak jadi terasa banget

Manggang fruit cake lumayan lama, kalo di oven ku sekitar 75 menit, konon kata yang ahli emang gitu karena fruit cake adalah jenis butter cake, tebal dan banyak buahnya jadi agak lama memanggangnya sampai kering.

Ini resep dari Mbak Ria ... nuhun ya Mbak

FRUIT CAKE
BY RIA HELIYANTI

Bahan :
225 gr gula halus
150 gr margarin
200 gr butter
6 kuning telur
1 sdt vanili
250 gr terigu, ayak.
5 putih telur
250 gr mix fruit (bisa pake produknya Haan)
100 gr kismis
100 gr cherry merah dan hijau
50 gr almond
2 sdm terigu

Cara membuatnya :
Siapkan 2 loyang oval atau 1 loyang ukuran (20x20), alasi kertas roti dan olesi margarin.
Kocok gula, vanili, margarin dan butter sampai pucat mengembang.
Masukkan kuning telur satu-satu sambil dikocok hingga rata.
Tambahkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
Kocok putih telur dalam wadah yg terpisah, sampai kaku. Lalu masukkan ke adonan, aduk rata.
Campur semua mix fruit, kismis, cherry dan almond, tambahkan 2 sdm terigu lalu aduk rata (pisahkan yg saling menempel). Masukkan mix fruit ini ke dalam adonan, aduk rata perlahan.
Tuang adonan ke loyang lalu panggang hingga matang (kurang lebih 1,5 jam).

Catatan :
Supaya fruit cake dipotongnya bisa rapi, simpan cake ini ke dalam kulkas terlebih dulu. Kocok adonan sampai kental dan agak kaku jadi saat dicampur dengan fruit maka fruitnya akan tertahan dan tidak tenggelam. Fruit cake jadi cantik.

0 komentar:

Poskan Komentar