KURSUS CAKE DASAR NCC MATRAMAN



Penasaran kenapa kue yang dibikin selalu bantat dan gosong. Semua itu terjawab di Kursus Cake Dasar NCC Matraman tgl 14 Pebruari 2009. Dengan materi sponge cake, butter cake, bolu gulung, cinnamon cake, lapis surabaya dan brownies kukus, ternya kunci membuat kue adalah peralatan dan cara pembuatan yang benar.

Untuk sponge cake adonan telur dan gula harus di kocok sampai kental dan berjejak yang jelas (tidak gampang hilang) baru masukkan terigu dan mentega cair. Mencairkan mentega juga cukup sebagian yang meleleh kemudian matikan api maka sebagian yang belum meleleh akan turut meleleh juga hal ini karena titik didih mentega yang rendah. Kemudian mencampurkan mentega cair kedalam adonan harus benar benar menyatu. Jika masih ada mentega cair maka dipastikan kue akan bantat.

Untuk menggulung bolu diperlukan serbet atau kertas sebagai alas, kemudian rapatkan dan tekan ujung bolu kemudian tarik serbet atau kertas dan bolu pun akan menggulung dengan mulus.

Jika diresep ditulis kocok mentega dan kuning telur kemudian putih telur dikocok hingga kaku baru dicampurkan keduanya dengan terigu maka cara pembuatan tersebut dinamakan butter cake, bentuk butter cake lebih kokoh dan kuat dibandingkan sponge cake.

Lapis Surabaya adalah teknik sponge cake hanya telurnya banyak lho ...... bayangkan 30 kuning !!!!! putih telur bisa dibuat angel cake, brownies putih telur atau merinque.

Menurutku pembuatan brownies kukus paling gampang jadi yang belum punya oven tetap bisa bikin kue.

Gak punya telor banyak ? Coba deh cinnamon cake, hanya butuh 2 telur saja tapi tetap tuh bisa bikin kue.

Ikut kursus gini banyak manfaatnya karena seberapa bagus decorating cake kalo cake dasar belum benar maka tidak bisa dinikmati juga. Sampai juga di kursus berikut ya.

0 komentar:

Poskan Komentar