Bolu Karamel atau Kue Sarang Semut






Gak usah bingung kalo mixer lagi ngadat atau lagi dipinjem tetangga ............ bikin aja bolu karamel atau Kue Sarang semut ini karena bikinnya tanpa mixer. Mengocok telur nya juga tidak sampai mengembang cukup telur menyatu dan sedikit kental. Pasti jadi deh.

Bolu Karamel atau Kue Sarang Semut
Tabloid Saji Edisi 170 Desember 2009
ditulis oleh Ria Prasetyo


Bahan Karamel

250 gr gula pasir
250 ml air panas

Bahan A

4 butir telur uk. sedang
1/4 sdt garam

Bahan B campur dengan rata
100 gr tepung terigu protein sedang
50 gr tepung maizena
1/2 sdt soda kue
1/2 sdt baking powder

Bahan C
65 gr margarin dilelehkan
100 gr susu kental manis

Cara membuat

1. Karamel : gosongkan gula pasir. Masukkan air panas. Aduk sampai larut. Dinginkan (ukur kurleb 300 ml)
2. Kocok telur dan garam asal kental dan garam larut. Tambahkan bahan B. Aduk dengan rata.
3. Masukkan adonan C dan aduk dengan rata.
4. Oven 60 menit dengan api bawah suhu 150 derajat celcius sampai matang.




- Jangan mengaduk-aduk gula pasir saat digosongkan. Tuang air panas sedikit demi sedikit. Hati-hati karena saat air panas dicampurkan ke gula pasir gosong maka cairan akan bergolak dan mengeluarkan suara desis. Aduk perlahan campuran air dan gula pasir. Sisihkan sampai dingin.
- Mengaduk telur dan garam cukup sampai telur tercampur, tidak perlu sampai kental dan mengembang karena nanti teksturnya akan seperti sponge cake.
- Adonan saat dituang ke loyang memang masih berupa adonan sangat encer dan setelah dipanggang akan memadat.
- Loyang yang dipakai adalah loyang bulat uk. 20
- Olesi loyang dengan mentega dan ditaburi tepung terigu tipis-tipis sebelum dituang adonan.
- Lama pemanggangan adalah tergantung oven masing-masing, aq memanggang selama kurleb 45 menit dengan suhu 160 derajat celcius.


6 komentar:

ria prasetyo mengatakan...

test

hidayat arfan mengatakan...

bisa di cobain di rumah ni. makasi ya infonya...

eli's kitchen mengatakan...

makasih mb...udah diberi ijin buat mencopy resepnya.aku dah coba yang 3 telur.nah yang 4 telur resep dari anda...akan aku praktekkan.sekali lagi maksih.kunjungi blog ku juga yaaa. maksh

Agusna Suryana mengatakan...

hhhhmmmmmm yummmmmmmmy....

lianhy mengatakan...

Thanks yaaa resepnya,,,, aku dah coba mbak,,, n berhasil,, :happy:

Risyani Care mengatakan...

Ini baru mau masuk oven kuenya, mkasih resepnya ya mba, doakan smg berhasil ��

Poskan Komentar